5 Widget Penting Yang Wajib Ada di Blog

Bagi sebagian blogger tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah widget. Namun bagi blogger pemula, istilah widget mungkin belum terlalu familiar. Pada kesempatan kali ini, penulis akan membagikan informasi seputar widget. Namun sebelum lanjut lebih jauh, alangkah baiknya kita bahas terlebih dahulu mengenai definisi widget.

Apakah Widget Itu?

Widget adalah aplikasi tambahan atau menu tambahan yang bisa diletakkan pada sidebar blog untuk menampilkan informasi atau untuk personalisasi blog agar blog berkesan lebih lengkap.

Widget memiliki banyak sekali fungsi untuk blog. Beberapa Fungsi widget tersebut adalah:

  1. Untuk mempercantik tampilan blog
  2. Untuk memberikan informasi terkait sesuatu yang ada di blog tersebut
  3. Agar tampilan blog menjadi lebih menarik
Baca Juga : 7 Cara yang Sudah Terbukti Meningkatkan Jumlah Pengunjung Blog

Widget blog sangat bermacam-macam dan bervariasi. Namun dari banyaknya jumlah widget tersebut, ternyata ada 5 widget yang harus ada di blog Anda. Kelima widget tersebut sangat penting dan harus ada di blog Anda. Kelima widget tersebut antara lain:

1. Widget Search (Penelusuran)

Widget yang satu ini sangat penting untuk dipasang di blog Anda. Salah satu kegunaan dari widget search ini adalah untuk memudahkan pengunjung blog Anda mencari artikel yang diinginkan di blog.

2. Widget Popular Post (Postingan/artikel populer)

Widget yang kedua ini juga sangat penting bagi blog Anda sebab widget ini berfungsi untuk memberi tahu pengunjung blog, artikel apa saja yang paling banyak dibaca. Sedangkan, fungsi widget ini bagi pemilik blog adalah untuk mengetahui artikel apa saja yang selama ini menjadi sumber trafik blognya.

3. Widget Related Post (Artikel Terkait)

Widget yang satu ini memiliki banyak kegunaan, khususnya bagi pemilik blog. Kegunaan widget tersebut adalah untuk menampilkan artikel terkait dari artikel yang dibaca oleh pengunjung blog. Selain itu, widget related post ini juga bis untuk menambah pageviews.

4. Widget Recent Post (Artikel Terbaru)

Widget ini berfungsi untuk menampilkan artikel-artikel Anda yang baru saja dipublikasikan. Biasanya saat setting widget ini, Anda akan diminta untuk menampilkan berapa artikel terbaru Anda yang akan dimunculkan. Selain itu, widget recent post juga berfungsi untuk mendapatkan tambahan views, mengirimkan trafik organik ke artikel terbaru Anda dan tentunya juga untuk mempercepat indeks di mesin pencari.

Baca Juga : Cara agar Artikel Cepat Terindeks Mesin Pencari Google

5. Widget Subscribe By Email (Berlangganan Via Email)

Widget yang satu ini, alangkah baiknya dipasang di blog Anda. Widget ini dapat Anda manfaatkan untuk memberikan pengunjung dan pembaca blog setia Anda, fitur berlangganan artikel. Widget ini juga bisa berfungsi untuk keperluan marketing.

Itulah kelima widget yang penting dan harus ada di blog Anda. Selain lima widget tersebut, Anda bisa memasang widget-widget lainnya. Yang terpenting, widget yang Anda pasang benar-benar dibutuhkan blog dan memiliki banyak manfaat bagi blog Anda. Jadi, usahakan widget yang Anda pasang di blog seefisien mungkin agar loading blog Anda ringan, tidak membingungkan pengunjung blog, dan tentunya agar blog Anda terlihat profesional.

Comments

Popular posts from this blog

7 Penyedia Jasa Iklan Alternatif Adsense yang Terbukti Membayar

6 Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas untuk Blog

7 Niche Blog Terpopuler dan Banyak Dicari

Mengenal Lebih Jauh tentang Google Adsense

Cara Memunculkan Menu Penghasilan Adsense di Blogger